Kamis, 13 November 2008
Pentingnya Memiliki Rekan Kerja

Ayat Bacaan: Ulangan 1:9-18
“Pada waktu itu aku berkata kepadamu, demikian: Seorang diri aku tidak dapat memikul tanggung jawab atas kamu.” (Ulangan 1:9)

      Manusia bukan makhluk “super,” yang mampu mengerjakan segala sesuatu dengan kekuatannya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial, yang diciptakan menurut gambar Allah Tritunggal, yang memerlukan pribadi lainnya untuk mengerjakan sesuatu. Ketika manusia pertama, Adam, memeriksa dan memberi nama ciptaan Allah lainnya, ia mendapati bahwa dirinya tidak memiliki penolong yang sepadan dengan-nya (Kej. 2:18-24). Perlunya penolong yang lain membuktikan bahwa kita, sebagai manusia, adalah terbatas, tidak mahakuasa.
      Dalam perjalanan tugas yang diembannya—menuntun bangsa Israel, Musa sadar bahwa dirinya adalah manusia yang terbatas. Meski Tuhan telah memberi posisi dan hak yang baik kepadanya, namun ia menyadari perlunya orang lain dalam mengemban tugasnya. Kata Musa: “Seorang diri aku tidak dapat memikul tanggung jawab atas kamu” (ay. 9). Dari pengakuan Musa ini, kita mendapatkan dua pelajaran berharga:
      Pertama, meski kita memiliki banyak bakat, kemampuan, dan sumber dana maupun daya, kita tetap memerlukan rekan kerja dalam menjalankan tugas-tugas kita. Karena itu, jalinlah dan bentuklah rekan kerja yang baik. Tempatkan mereka sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka. Jika mereka adalah rekan, janganlah sekali-kali membiarkan keegoisan diri kita merusak hubungan yang baik dengan rekan kerja kita tersebut (bnd. ay. 13-18).
      Kedua, keberhasilan tugas juga dipengaruhi (meskipun tidak ditentukan) oleh kualitas dan kinerja rekan kita tersebut. Musa mengakui, jika ia dapat memimpin bangsa Israel sampai tiba di seberang sungai Yordan (Ul. 1:1), semuanya itu karena adanya jalinan dan kualitas kerekanan kerja yang baik (ay. 18). Bagaimana dengan kita? Marilah kita membentuk dan menjalin kerekanan kerja yang baik dengan rekan-rekan kita, agar segala tugas kita dapat terselesaikan dengan baik.

Memiliki seorang rekan yang baik adalah kemurahan Tuhan, maka jagalah kerekanan tersebut dengan baik pula.
DOAKAN BERSAMA: Mari kita berdoa bagi para majelis, hamba Tuhan, para pengurus dan aktivis pelayanan agar mereka memiliki kesatuan hati, saling tolong-menolong dan berpengertian antara satu dengan lainnya untuk kemajuan gereja Tuhan.


Renungan sebelumnya    |    Renungan selanjutnya    |    Index


Copyright © 2005-2014 GKA Gloria
 

PERSPEKTIF hari ini
Hubungi Kami