Sabtu, 19 Juli 2008
Hidup Kristen yang Bertumbuh (3)

Ayat Bacaan: 1 Petrus 1:13-25 (lanjutan)
“Hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.” (1 Petrus 1:22b)

      Hidup Kristen yang bertumbuh juga ditandai dengan adanya hidup saling mengasihi. Kata Petrus: “Hendaklah kamu sungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu” (ay. 22b). ”Kasih” dan ”saling mengasihi” ialah kata yang selalu diidentikkan dengan kekristenan. Ini bukan kebetulan, karena Tuhan Yesus sendiri yang memerintahkan kita untuk saling mengasihi. Dengan demikian, kita akan dikenal sebagai murid-murid Tuhan Yesus (Yoh. 13:34-35). Namun, kehidupan saling mengasihi juga menjadi pergumulan yang terus-menerus dihadapi oleh orang percaya sejak gereja mula-mula berdiri.
      Tidaklah mengherankan jika dalam kehidupan kita bersama dengan saudara seiman, terdapat konflik dan pertentangan. Lagipula, dunia tempat kita tinggal ini benar-benar sedang menghapus ”kasih” dan menggantinya dengan ”adu kekuatan/kuasa” dan “kesukaan bergosip.” Maka, tidak heran, jika kedua hal negatif ini masih bertumbuh di gereja, bukannya kehidupan yang saling mengasihi.
      Namun, sebagai umat-Nya, kita diminta untuk tetap saling mengasihi, walaupun sulit. Mengapa? Karena kita telah dilahirbarukan, bukan dengan benih yang fana, tapi dengan benih yang tidak fana, melalui firman Allah yang hidup. Artinya, kita mempunyai sumber hidup yang sangat berkuasa, yang berasal dari Tuhan. Kita mempunyai “modal” untuk melakukan firman Tuhan, termasuk saling mengasihi. Jangan sia-siakan karya Kristus dalam hidup kita. Hendaknya kita senantiasa bersandar dan minta pertolongan-Nya untuk hidup saling mengasihi. Kiranya kasih Kristus bertumbuh dan menguasai semua tindakan kita, baik di gereja ketika kita melayani, di rumah bersama keluarga, ataupun di tempat kerja kita. Bagaimana hidup kita dengan saudara seiman atau keluarga kita? Adakah kehidupan yang saling mengasihi telah nampak di dalamnya? Kiranya Tuhan menolong kita melakukannya.

Adakah kehidupan yang saling mengasihi nampak di dalam kehidupan kita bersama orang lain?
DOAKAN BERSAMA: Berdoa bagi umat Tuhan agar Tuhan memberikan kekuatan kepada mereka untuk hidup saling mengasihi, baik itu dalam pelayanan, keluarga dan dalam dunia kerja. Mereka tidak takut berbagi dan menjadi berkat bagi orang lain.


Renungan sebelumnya    |    Renungan selanjutnya    |    Index


Copyright © 2005-2014 GKA Gloria
 

PERSPEKTIF hari ini
Hubungi Kami